Beriman kepada malaikat


Malaikat merupakan mahluk ciptakan Allah Swt. Yang bersifat gaib. Sebagai umat muslim kita wajib mengimani
Adanya malaikat- malaikat Allah Swt. Keimanan kepada malaikat Allah Swt. Termasuk rukun iman.

1.pengertian dan makna iman kepada malaikat 
           Kata malaikat berasal dari bahasa arab, yaitu malaikah dan merupakan bentuk jamak dari malaikun yang berarti risah atau utusan. secara istilah malaikat adalah mahluk gaib yang di ciptakan allah swt. dari nur atau cahaya.rasullulah saw. bersabda; malaikat itu di ciptakan dari cahaya, jin di ciptakan dari api yang menyala-nyala, dan adam di ciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan ciri-cirinya untuk kalian.(H.R. muslim)
           malaikat di ciptakan dengan sipat taat mengapdi sepenuhnya kepada allah swt. tidak ada satupun malaikat yang bermaksiat kepada allah swt. lain hal nya dengan manusia, manusia memiliki potensi yang tidak dimiliki oleh mahluk lainnya yaitu; potensi baik dan buruk. manusia dapat menjadi mahluk yang taat maupun ingkar.











2:285
surat al-baqarah [2]:285
yang artinya; rasul (muhammad) beriman kepada apa yang d turunkan kepadanya (al-qur'an) dari tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. semua beriman kepada allah, malaikat-malakat-nya, kitab-kitab-nya, dan rasul-rasul-nya.

        berdasarkan ayat diatas, makna iman kepada malaikat allah swt. yaitu meyakini dengan sepenuh hati bahwa allah swt. telah menciptakan dan mengutus malaikat untuk melaksakan tugas-tugas tertentu dari allah swt.
        mengimani adanya malaikat allah swt. juga dijelaskan dalam hadis rasulullah saw. yang di sampaikan oleh abdullah bin umar bin khattab r.a bahwa rasulullah saw `telah bersabda yang artinya iman itu engkau berikan kepada allah,malaikat-malaikay-nya, kitab-kitab-nya, rasul-rasul-nya, dan hari akhir serta beriman kepada tertentu(takdir) yang baik maupun yang buruk.
        abu a'la al maududi berpen dapat bahwa iman kepada malaikat yang merupakan rukun iman ke dua dalam islam memiliki peran yang sangat penting. imam kepada malaikat akan memurnikan dan membebaskan kita dari perilaku syirik.

       iman harus di tunjukan dengan perilaku istiqamah. istiqamah merupakan upaya tetap teguh dalam bersikap sesuai dengan petunjuk dari allah swt. rasulluah saw. besabda:
katakan aku beriman kepada allah, kemudian teguhkan hati (pendirian) mu (H.R. ahmad bin hanbal).
      perintah meneguhkan hati merupakan perintah untuk beristiqamah. orang yang beristiqamah akan menunjukan akhlak mulia, selain itu orang yang selalu beristiqamah akan mendapatkan surga sebagai balasan. perilaku istiqamah dapat membuat segala urusan berjalan dengan baik dan membawa keberhasialan.
0 Komentar untuk "Beriman kepada malaikat"

:) :D :( :-o @@, :s :wow: 8) :x :P :| ;) :lol: :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :!: :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :-d

Back To Top