Manfaat Kurikulum 2013 Bagi Siswa Dan Guru

2013.jpg
Kurikulum 2013
Apa itu kurikulum 2013 ? Apa tujuan dari kurikulum 2013 itu ? Apa manfaatnya ? Semua pertanyaan itu akan anda dapatkan jawabannya setelah membaca isi dari artikel ini.

Pastinya anda tidak asing lagi dengan kurikulum 2013 ini, bahkan walaupun anda sudah tamat atau tidak sekolah lagi, anda pasti tahu tentang kurikulum ini. Karena dimana - mana banyak siswa dan juga termasuk guru banyak yang mempermasalahkan kurikulum 2013. Mulai dari perbincangan di sekolah, antar teman, bahkan banyak juga yang membuat status di facebook maupun membuat tweet tentang keluhannya di media sosial itu. Termasuk saya sendiri.
Kurikulum 2013 adalah perkembangan dari kurikulum pendidikan terdahulu yaitu KTSP.
Pada kurikulum ini, siswa digunakan sebagai patokan untuk melaksanakan pembelajaran, dengan kata lain yaitu kunci pembelajaran berada pada diri siswa itu sendiri.  Karena pada kurikulum ini, guru diwajibkan untuk sedikit menjelaskan, guru hanya melakukan penilaian pada siswa tersebut, mulai dari keaktifan, pembelajaran, dan lain sebagainya. Namun dalam analisis saya, pada kurikulum 2013 ini guru lebih banyak menilai keaktifan siswa. Oleh sebab itu kuncinya pada diri siswa itu sendiri, kalau mau nilainya besar harus aktif.
Yang banyak menjadi keluhan bagi siswa dan guru di kurikulum 2013 ini adalah banyaknya tugas yang harus diberikan dan dikerjakan.
Seperti hal yang saya alami, di awal sekolah saya menerapkan kurikulum 2013, pada tahun 2013 lalu, saya hampir dibuat stress karena banyaknya tugas yang diberikan, saya hampir tidak punya waktu untuk melakukan hal lain selain membuat tugas.
Membuat tugas siang malam adalah penderitaan saya pada saat itu, namun untuk sekarang saya sudah terbiasa untuk menjalaninya.
Namun dari penderitaan saya termasuk juga teman - teman yang menerapkan kurikulum 2013 ini, saya menyimpulkan ada beberapa hikmah yang bisa kita katakan sebagai manfaat adanya kurikulum 2013 ini, diantaranya :
  1. Rajin Belajar, Pastinya semua siswa yang sekolahnya menerapkan kurikulum 2013 ini akan menjadi pelajar yang rajin, sama seperti hal yang saya alami, karena banyaknya tugas yang diberikan. Jujur saja, waktu SMP dulu saya adalah seorang pelajar yang malas, bahkan bisa dikatakan sangat malas, karena saya sangat jarang belajar, kecuali kalau ada ulangan atau ujian. Setelah saya SMA dan menerapkan kurikulum 2013, saya menjadi sangat rajin belajar, dan bisa dikatakan setiap hari. Karena ini merupakan tuntutan bagi siswa bila ingin menjadi anak yang pintar di kurikulum 2013 ini.
  2. Mandiri, Yang satu ini juga merupakan manfaat yang sangat penting. Kalau dulu saya hanya bisa mencontek pekerjaan teman, setelah menerapkan kurikulum 2013 ini saya menjadi siswa yang cukup mandiri, mudah - mudahan juga bagi teman - teman yang lain. Salah satu alasan kenappa harus menjadi mandiri adalah banyak dan panjangnya tugas yang diberikaan, kalau kita ingin mencontek atau meminjam pekerjaan teman, itu hanya membuang - buang waktu, karena kita harus menunggu sampai tugas teman kita itu selesai, baru kita meminjamnya, belum lagi kita harus menyalinnya.
  3. Pekerja Keras, Menjadi siswa yang pekerja keras juga merupakan salah satu manfaat dari kurikulum 2013. Kita sebagai siswa dituntut untuk menjadi siswa yang bekerja keras, kita mencari tugas atau cara penyelesaian tugas di berbagai sumber, karena terbatasnya buku yang diberikan, kita bisa mencar di internet, buku - buku sumber lain dan sebagainya. Dari hal ini, kita tidak akan sadar kalau kita telah menjadi seorang siswa yang pekerja keras. 
Kurikulum 2013 memang sangat menyiksa bagi siswa dan guru, namun dari siksaan itu kita bisa mengambil hikmah dan manfaatnya.
Mungkin hanya ini yang bisa saya tuliskan tentang Manfaat Kurikulum 2013 Bagi Siswa dan Guru. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi karena kolom komentar selalu terbuka untuk anda.
Tag : Info
8 Komentar untuk "Manfaat Kurikulum 2013 Bagi Siswa Dan Guru"

Kurikulum tersebut juga masih banyak kelemahanya gan. Menurut saya masih perlu ditinjau kembali supaya lebih sempurna

benar sekali gan, terutama bagi siswa dan guru yang belum terbiasa dalam penerapan kurikulum ini

liat info di facebook .. katanya Kurikulum 2013 udah mau diberhentikan gan ..

wah.. gue blum tau soal itu gan :D ya mudah2an aja di berhentiin hehe diganti pake kurikulum 2015 yg lebih menyiksa :v

iya gan k13 di hapus kembali ke ktsp 2016 so menghabiskan uang negara aja jangan lupa ya http://anggaariwibowo.com/

wah iya gan tadi ane juga lihat banyak berita tentang pemberhentian kurikulum 2013

kayaknya gue yg ketinggalan berita nih gan :)

mudah-mudahan aja kurikulum yg baru lebih baik gan :D

:) :D :( :-o @@, :s :wow: 8) :x :P :| ;) :lol: :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :!: :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :-d

Back To Top